Selasa, 26 Januari 2016

ITK Masih Butuh Perjuangan



Terima Penyerahan Jalan dari Pemkot, SNMPTN Dibuka Februari


BALIKPAPAN - Jalan baru yang menghubungkan Jalan Soekarno-Hatta Km 15 menuju Institut Teknologi Kalimantan (ITK) secara resmi diserahkan pemerintah kota kepada rektorat ITK, kemarin (19/1). Akses masuk menuju ITK ini dibangun dengan APBD oleh PT Anugerah Jaya Mulia Utama dengan anggaran Rp 8,4 miliar. Jalan dengan panjang 1,3 kilometer itu pun diberi nama Jalan Pejuang.

Rektor ITK, Sulistijono sangat mengapresiasi bantuan Pemkot Balikpapan tersebut. “Mewakili civitas akademika, kami mengucapkan terima kasih banyak. Bantuan ini sangat membantu aktivitas perkuliahan di ITK,” ujarnya.   

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Subchan mengatakan pemberian nama ‘Pejuang’ oleh rektorat karena mencerminkan keadaan ITK yang masih dalam tahap pembangunan, sehingga butuh perjuangan. “Juga memang butuh perjuangan untuk sampai di kampus ini,” katanya.

Menurutnya, keberadaan jalan ini akan semakin menunjang kegiatan perkuliahan. Apalagi mulai Februari, ITK mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Saat ini, mahasiswa aktif ITK sebanyak 615 orang.

Ketua RT 33 Kelurahan Karang Joang Asri mengatakan warga menyambut gembira atas pembangunan Jalan Pejuang. Menurutnya, warga memang tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan jalan. Tapi, turut memberikan konsumsi secara cuma-cuma bagi para pekerja proyek.

“Tidak ada penolakan. Kami selalu dilibatkan dalam setiap pertemuan yang membahas pembangunan jalan. Warga bahkan mempersilakan sebagian tanah mereka digunakan sebagai badan jalan secara gratis,” kata Asri. Menurutnya, warga berkeyakinan meski kehilangan beberapa meter tanah, tapi keuntungan yang didapatkan dengan keberadaan jalan tersebut jauh lebih besar.

“Kini banyak warung, indekos, dan laundry bermunculan,” ungkap perempuan yang tinggal di Karang Joang sejak 1998 ini.

Sementara itu, karyawan ITK bagian sarana dan prasarana Ali Usman yang turut mengawasi proyek tersebut mengatakan pembangunan berjalan cukup singkat. Namun, ia menyayangkan jalan beton yang sedianya akan dibuat selebar 8 meter hanya terealisasi 4,5 meter karena keterbatasan dana. (*/rsh/tom/k15) (Humas ITK)
Sumber: http://kaltim.prokal.co/read/news/255990-itk-masih-butuh-perjuangan.html, Rabu, 20 Januari 2016 10:07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar