Kamis, 14 Januari 2016

ITK Unggulkan 10 Prodi Tahun ini, Targetkan 840 Mahasiswa Baru



BALIKPAPAN — Wakil Rektor Bidang Akademik  Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Subchan Ph D.  menyebutkan bahwa saat ini ada sebanyak 10 prodi yang diunggulkan oleh ITK. Di antaranya, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah Kota, Fisika, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Matematika, Sistem Informatika, Teknik Material dan Metalurgi.

Namun, tak berhenti sampai di situ saja. ITK ternyata juga mengusulkan ada beberapa prodi baru kepada Kemenristekdikti. “Akan tetapi tetap menunggu persetujuan Kemenristekdikti. Kalau disetujui maka akan dimasukkan di tahun 2016 ini,” ungkap Subchan—sapaan akrabnya, kepada Balikpapan Pos, Selasa (12/1).

Dalam hal ini, Subchan juga menyebut bahwa jumlah mahasiswa yang saat ini ada di ITK Balikpapan sebanyak 630 orang yang tersebar di seluruh prodi.

Lantas, bagaimana dengan sistem perkuliahannya? Subchan menjelaskan bahwa hingga saat ini sudah tidak ada lagi mahasiswa yang menjalani perkuliahan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS) Surabaya dan keseluruhan sudah dipindahkan ke ITK Balikpapan. Sekadar diketahui, sebelumnya  mahasiswa ITK sempat  melakukan proses belajar mengajar di ITS karena kampus ITK masih dalam proses pembangunan.

“Sistem perkuliahan setiap hari sejak mulai aktif Agustus 2015 lalu. Sementara tenaga pengajar (dosen) dikatakan olehnya semua berdikari,” ujarnya.

Disebutkan, ada 3 dosen PNS, 9 dosen CPNS, sekitar 50 dosen non PNS yang saat ini mengajar di kampus ITK. Tentang dosen yang didatangkan dari luar diakui secara prinsip kalau ingin maju harus mendatangkan tenaga ahli dari luar.

“Apabila menutup diri maka suatu kampus, negara dan lainnya tidak akan pernah maju. Sinergitas antar elemen sangat di perlukan, sehingga bisa mandiri, terlepas ada beberapa mata kuliah yang belum mampu dikelola, mata kuliah Mekanika Fluida dan lainnya dosennya itu didatangkan langsung  dari ITS,” paparnya.

Lebih jauh Subchan menerangkan bahwa progres perkembangan di kampus ITK saat ini lancar sejak aktif mulai Agustus 2015 lalu. Bahkan, pembangunan  gedung yang kedua sudah jadi .
“ Proses perkuliahan di kampus ITK lancar, gedung kedua sudah jadi. Untuk perkuliahan semester depan insya Allah dapat dipakai,” tuturnya.

Mengenai laboratorium, Subchan menegaskan sudah mulai disiapkan. Mengingat, sebelumnya sempat kerjasama dengan beberapa institusi di Balikpapan,  namun tahun ini akan dikurangi.

“Jalan sudah ada berkat bantuan pemerintah kota. Disebut Jalan Pejuang karena butuh perjuangan untuk sampai pada kampus ITK. Harapannya ada tambahan jalur sehingga ke depannya lancar,” terang  Subchan.

Untuk sarana prasarana lainnya yang belum memadai, lanjut Subchan,  adalah belum masuknya aliran listrik. “Tetapi sudah akan dilelang pada minggu ini. Sementara ruangan terpakai 22 yakni  lantai satu dan 2 perkuliahan, sementara jumlah secara keseluruhan ruangan yang dibangun sekitar 60,” rincinya.

Adapun target penerimaan mahasiswa tahun ajaran 2016 sebanyak  840 mahasiswa melalui 3 jalur penerimaan. “Semua program akan kita lakukan secara bertahap dan pelan-pelan sembari menunggu pembangunan kampus rampung,” pungkasnya. (the/cha).

Sumber: Balikpapan Pos, edisi cetak, Rabu, 13 Januari 2016 hal C2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar